7 Tips Membuat Aplikasi Web

Untuk bisnis apa pun, kecil, menengah, atau besar, aplikasi web adalah cara paling efektif untuk berinteraksi dengan calon klien dan pelanggan.

Namun, tidak semua aplikasi web sama. Jika aplikasi web Anda tidak menarik bagi pengguna, kemungkinan besar mereka tidak akan terus menggunakannya.

Faktanya, 38% pengguna berhenti menggunakan aplikasi situs web jika tata letaknya tidak menarik bagi mereka.

Semua orang menyukai aplikasi web yang hadir dengan desain antarmuka yang bagus dan fungsionalĀ  baik itu pemilik bisnis atau pengguna. Di sisi lain, sangat sedikit yang tahu cara membuat aplikasi fungsional. Kami tidak berbicara tentang kerumitan pengkodean di sini, melainkan pendekatan mereka dalam mengembangkan aplikasi.

Jika Anda sudah memiliki ide aplikasi, panduan ini akan sangat berguna untuk Anda. Kami telah mengumpulkan tujuh tip yang akan membuat proses pengembangan web lebih mudah dari yang Anda bayangkan.

7 Tips Membuat Aplikasi Web

Sebelum kita mempelajari tipnya, mari kita perjelas bahwa ini bukan manual pengkodean. Kami akan membahas tujuh faktor terpenting yang sering dilewatkan atau gagal dipahami oleh pengembang aplikasi.

Tujuannya adalah untuk membuat aplikasi web seramah mungkin tanpa mengurangi fungsionalitas penting.

Ada juga komponen pemasaran untuk aplikasi situs web apa pun. Jika domain Anda sudah jenuh, Anda perlu memecahkan cetakan dan melakukan sesuatu yang baru.

Jadi tanpa membuang waktu, mari selami tujuh tips membuat aplikasi web.

1. Lakukan Riset Pasar

Dalam hal fundamental, aplikasi web adalah produk yang Anda coba jual. Jika banyak orang menganggap aplikasi Anda bermanfaat, itu akan sukses. Sebaliknya, bahkan aplikasi web yang sempurna secara teknis akan gagal jika orang tidak menemukan banyak nilai di dalamnya. Jadi sebelum Anda mulai mengembangkan aplikasi Anda, teliti potensi pasarnya.

Saat Anda melakukan riset pasar, pertimbangkan kebutuhan dan permintaan apa yang sedang meningkat. Kemudian pikirkan cara untuk memenuhi permintaan ini melalui aplikasi web. Jika Anda dapat mengidentifikasi kelangkaan dan memanfaatkannya, Anda akan segera memiliki produk yang diinginkan semua orang.

2. Menganalisis Persaingan

Meskipun analisis persaingan dapat menjadi bagian dari riset pasar, ia memiliki beberapa elemen berbeda yang perlu disebutkan secara terpisah.

Saat Anda menganalisis persaingan, Anda juga memiliki kesempatan untuk mencatat apa yang mereka lakukan dengan benar. Pada saat yang sama, Anda juga dapat mengetahui kekurangan mereka dan mengatasinya.

Pesaing Anda akan sangat memengaruhi cara Anda merancang dan mengembangkan aplikasi Anda. Anda perlu menemukan keunggulan-sesuatu yang kurang dari pesaing Anda. Jika Anda menawarkan produk yang sama seperti orang lain, orang lebih suka produk yang mereka kenal. Saat meluncurkan aplikasi web baru, Anda harus memastikan bahwa itu unik dan bukan salinan karbon dari aplikasi web lain.

3. Rancang Aplikasi Web Anda Dengan Tujuan


Hal pertama tentang aplikasi web Anda yang akan diperhatikan orang adalah desainnya. Jika Anda mendapatkan semua elemen desain dengan benar, setengah dari perlombaan dimenangkan.

Sehubungan dengan pengembangan aplikasi web, desain adalah subjek luas yang layak untuk dipelajari secara mendetail. Tidak mungkin untuk meringkas semuanya dalam beberapa kata dan Anda akan membutuhkan keterampilan dan keahlian untuk melakukannya dengan benar.

Jangan berlebihan elemen berguna di aplikasi web Anda. Misalnya, tab adalah fitur yang sangat berguna untuk navigasi yang mudah. Namun, jika Anda menggunakan terlalu banyak tab, aplikasi Anda akan terlihat lebih berantakan.

4. Perhatikan Teks

Kata-kata yang Anda gunakan di antarmuka pengguna aplikasi web Anda akan membuat dunia berbeda. Hindari menggunakan jargon teknologi apa pun yang tidak akan dipahami oleh orang awam. Bagaimana Anda menyusun kata dan kalimat juga memiliki dampak besar yang sering kita abaikan.

Menulis salinan untuk aplikasi web tidaklah mudah, mengingat harus singkat namun jelas. Jika Anda mengacaukan aplikasi web Anda dengan terlalu banyak teks, itu akan menjadi tidak menyenangkan secara visual. Tantangannya adalah mengkomunikasikan informasi sebanyak mungkin menggunakan kata-kata sesedikit mungkin.

Teks dalam aplikasi web harus memiliki daya tarik universal. Menggunakan bahasa gaul internet atau kata-kata informal biasanya bukan ide yang baik. Namun, jika Anda bisa menjadi unik sambil mempertahankan tingkat daya tarik universal, itu bisa menghasilkan keajaiban.

5. Memiliki Proses Yang Terstandar

Ada beberapa arsitektur pembuatan aplikasi web di luar sana, dan menggunakan terlalu banyak akan menyebabkan masalah besar. Masalah pertama akan muncul saat pengembang baru bergabung dengan tim Anda atau yang lama pergi. Jika masing-masing dari mereka memiliki keahlian dalam arsitektur yang berbeda, memelihara aplikasi Anda akan merepotkan.

Mempertahankan aplikasi web lebih penting daripada meluncurkannya. Jika Anda menggunakan arsitektur yang berbeda, pengembang berikutnya akan mengalami masalah dengan perbaikan dan pemecahan masalah.

Misalnya, jika Anda menggunakan TypeScript dan JavaScript, Anda mungkin mengalami masalah seperti validasi email JavaScript. Mempertahankan struktur standar akan membuat proses pengembangan lebih cepat dan lebih mudah. Anda harus memilih arsitektur pengembangan web berdasarkan tujuan dan kebutuhan Anda. Yang paling penting adalah tetap berpegang pada pilihan arsitektur Anda.

6. Prioritaskan Keamanan Pada Aplikasi Web Anda

Saat orang menggunakan aplikasi web Anda, Anda berurusan dengan informasi pengguna. Untuk aplikasi web dengan gateway pembayaran, informasi pengguna bahkan lebih sensitif. Memastikan keamanan adalah wajib untuk aplikasi web apa pun. Jika Anda tidak memprioritaskan keamanan, serangan dunia maya pada aplikasi web Anda dapat merusak reputasi Anda.

Anda dapat memastikan keamanan terbaik dengan memiliki tim pengembang yang terlatih. Pengembang ini harus bekerja sama untuk memastikan tidak ada ancaman atau kerentanan. Ini adalah tugas intensif dan menuntut keterampilan khusus.

Alternatif yang layak adalah mengalihdayakan pekerjaan ke perusahaan keamanan siber. Perusahaan-perusahaan ini memiliki tim kompeten yang bekerja sepanjang waktu untuk menjaga keamanan situs web Anda.

7. Dorong Pengguna Untuk Meninggalkan Umpan Balik Dan Mengerjakannya

Membuat aplikasi web adalah proses yang berkelanjutan. Itu tidak berhenti setelah aplikasi aktif dan berjalan. Selain pemeliharaan rutin, penting juga untuk mempertimbangkan pengalaman pengguna. Anda juga dapat mendownload aplikasi permainan judi online di website ini https://surgadewaslot.net/ tanpa harus ribet bermain lewat situs lagi.

Selalu pertahankan opsi umpan balik di semua aplikasi web Anda. Jadikan opsi umpan balik mudah digunakan dan sederhana. Jika Anda ingin orang mengisi survei, banyak yang akan mengabaikannya. Sebaliknya, pilihlah sesuatu yang tidak terlalu memakan waktu dan mudah dilakukan.

Mendapatkan umpan balik adalah langkah pertama. Anda juga perlu mempertimbangkan umpan balik ini saat membuat perubahan pada aplikasi web Anda.

Ingatlah bahwa pengguna Anda menentukan keberhasilan atau kegagalan aplikasi Anda. Hormati pendapat mereka dan cobalah untuk memasukkan sebanyak mungkin.

Baca Juga : PENTINGNYA DESAIN UI/UX PENGEMBANGAN WEB